Mengenal Pengertian Istilah Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Pada Komputer

Anang_at
Halo temen-teman karirmaba sebelum belajar Informatika kalian harus Mengenal Pengertian Istilah Perangkat Keras (hardware) dan Perangkat Lunak (software) yang sering kita jumpai atau kita dengar dari temen juga orang lain.

Sebelum kita belajar harus mengenal terlebih dahulu tentang Glosarium. Apa itu glosarium adalah kumpulan daftar kata atau istilah-istilah penting yang tersusun secara alfabet yang mendefinisikan bidang pengetahuan tertentu.

Jadi Glosarium itu daftar nama-nama perangkat kertas atau sering disebut dengan 'hardware' dan perangkat lunak atau sering disebut dengan 'software' yang diserati dengan artinya/ penjelasan/ definisinya.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada Daftar Isi nama-nama Glosarium perangkat seputar Informatika. Setalah Anda klik nama akan menuju ke artinya/ penjelasan/ definisi dari nama tersebut.

Yuk, mengenal beberapa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pada modul kelas 7 (VII) atau tuju yang sudah di lengkapi dengan gambar.
  1. Flashdisk

    Flashdisk adalah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan ke port USB mampu menyimpan berbagi format data dan memiliki penyimpanan yang cukup besar.

  2. Harddisk

    Hardisk adalah perangkat keras komputer yang menyedikan ruang penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan atau membaca data komputer.

    Biasanya harddisk ini digunakan untuk penyimpanan data komputer atau bisa digunakan penyimpanan external (luar) seperti flashdisk. Alasanya, penyimpanan harddisk lebih besar dari flashdisk.

  3. Compact Disk (CD)

    Compact Disk atau CD adalah piringan yang berbentuk bunder yang terbuat dari logam atau plastik. Compact Disk memiliki bahan yang dapat di aliri listrik sehingga bersifat magnet.

  4. Ribbon

    Ribbon adalah sekelompok tombol perintah yang bisa digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu sesuai kebutuhan.

  5. Programming

    Programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai yang diinginkan.

  6. Pemrograman

    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhunungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi satu program komputer.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Pemrograman adalah proses membuat suatu program atau aplikasi yang dapat digunakan oleh komputer.

  7. Script

    Script adalah kumpulan bahasa pemrograman yang telah ditafsirkan atau diterjemahkan ke dalam kode mesin saat kode telah dijalankan.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Script adalah serangkaian perintah kode yang digunakan untuk menjalankan perintah aplikasi.

  8. Drag and Drop

    Drag and Drop adalah gerakan petunjuk ketika pengguna memilih benda dan menyertanya ke tempat yang berbeda atau ke benda lain.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Drag and Drop adalah memindahkan suatu objek dengan cara mengklik kemudian menarik, setelah itu diletakkan pada lokasi yang diinginkan.

  9. Sensor

    Sensor adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi perubahaan besaran fisik seperti tekanan, gaya, besaran listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan dan fenomena-fenomena lingkungan lainya.

    Ata bisa menggunakan penjelasan ini. Sensor atau pengindra adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi lalu mengubah sinyal fisik/kimia menjadi sinyal elektronik.

  10. Periperal

    Periperal adalah peralatan perangkat tambahan pada komputer.

  11. Surel

    Surel adalah surat elektronik. Sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet/ jaringan komputer.

  12. Web 2.0

    Web 2.0 adalah nama yang digunakan untuk menyebutkan generasi kedua dari World, Wide, Web (WWW).

  13. Microblog

    Microblog adalah konten singkat yang dirancang untuk intraksi audiens yang cepat.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Microblog adalah konten/ pesan singkat yang berisi informasi mengenai suatu topik tertentu. Microblog seperti media sosial yang tulisan teks tidak lebih dari 200 kata.

  14. Server

    Server adalah suatu sistem komputer yang mempunyai layanan kusus sebagai penympanan data.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Server adalah sistem komputer yang menyedikan layanan penyimpanan data berberbasis internet.

  15. Brwosing

    Brwosing adalah kegiatan menjelajahi di internet menggunakan brwoser. Bertujuan untuk mencari informasi.

  16. Access Point 

    Access Point adalah perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data.

    Atau bisa menggunakan penjelasan ini. Access point (WAP) adalah perangkat keras yang digunakan pada jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data.

  17. Cookies

    Cookis adalah kumpulan informasi yang berisi rekam jejak dan aktivitas ketika menelusuri sebuah website.
Comments